Rabu, 28 Oktober 2009

" BRAINWARE "

Sebelumnya kita telah mengenal istilah "Hardware" dan "Software", dimana keduanya tidak dapat dipisahkan karena merupakan komponen utama dalam sebuah perangkat komputer ( PC / Laptop ).
Namun kedua hal tersebut di atas tidak akan dapat digunakan tanpa adanya SDM ( Sumber Daya Manusia )nya, dan dalam dunia perkomputeran SDM disini disebut sebagai "Brainware" atau orang yang menjalankan PC/Laptop, yang tugasnya adalah memberikan/menjalankan suatu perintah yang nantinya akan diproses oleh Hardware maupun Software untuk menghasilkan sesuatu yang di inginkan.
Brainware sendiri pada dasarnya dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan fungsi atau keahliannya, antara lain :

1. Operator : SDM disini tugasnya hanyalah memasukkan data, misal : kasir
2. Teknisi Komoputer : SDM disini menangani problem pada komputer baik itu permasalahan yang di timbulkan oleh Hardware maupun Software
3. Trainer : SDM disini memiliki keahlian dalam menerangkan suatu proses /memberikan pelatihan kepada orang lain yang belum mengerti tentang IT ( dari tidak tahu menjadi tahu )
4. Konsultan IT : SDM disini memiliki tugas untuk melakukan suatu proses analisis pada suatu masalah, atau membrikan jawaban/penyelesaian suatu masalah kepada konsumen ( client )
5. Peneliti : SDM disini memiliki tugas untuk melukan penelitian suatu produk / hal - hal yang belum pernah di publikasikan/di teliti sebelumnya ( dalam hal ini tentang produk IT ) dimana umumnya suatu penelitian di biayai/ di danai oleh pihak luar ( pemerintah / swata bukan dari peneliti itu sendiri )
6. Project Manager : SDM ini berhubungan erat dengan Peneliti, karena tugasnya adalah me manage suatu proyek/pekerjaan/suatu penelitian, agar semuanya berjalan sesuai rencana.
7. Programer : SDM ini tugasnya adalah membuat suatu program dimana hasilnya adalah suatu program yang nanti akan digunakan untuk menjalankan suatu tugas/perintahkan oleh user.
8. Graphic Designer : SDM ini memiliki kelebihan dalam menggambar dan berimajinasi, karena kebanyakan tugasnya adalah membuat suatu video/gambar kartun,ilustrasi, dan lain sebagainya.
9. Network Specialist : SDM di sini mempunyai tugas dalam mengkoordinir atau menata jaringan dalam sebuah perusahaan atau tempat yang mempunyai jaringan network.
10. Data Base Administrator : SDM ini bekerja dibidang DATA khususnya untuk mengelompokkan data-data, sehingga apabila data tersebut dibutuhkan dapat diperoleh secara mudah.
11 Sistem Analis dan Designer : SDM ini bekerja untuk menganalisa sebuah pekejaan.

Demikian beberapa Jobside yang dapat dimasukin oleh seorang "BRAINWARE"

Khoirul Anam ( 06.2009.1.04896 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar