Sabtu, 17 Oktober 2009

Gramedia Expo

Pameran Komputer......, rasanya surabaya tak henti-hentinya mengadakan pameran yang berhubungan dengan IT yang satu ini, bila dilihat dari perkembanganya memang jenis IT ini yang paling cepat "Up-Date" nya, hampir setiap bulan ada saja jenis Komputer atau Laptop seri terbaru yang dirilis, kota SURABAYA dengan keadaan ini tidak tinggal diam , hampir tiap bulan ada saja event yang di adakan untuk mengakomodir perkembangan IT ini, tempat yang seringkali digunakan antara lain AJBS Jl.Ratna, Hi-Tech Mall ( pusat IT surabaya ) Jl. Kusuma Bangsa dan juga Gramedia Expo Jl. Basuki Rachmat, dan kebetulan saat ini sedang berlangsung di Gramedia Expo.
Di pameran yang diadakan kali ini sebenarnya tidak beda jauh dengan pameran-pameran yang pernah diadakan, hanya saja menurut pengamatan saya ada beberapa hal yang membuat pameran ini sedikit berbeda.

Mau masuk pameran......eits gak bisa langsung masuk, bayar dulu baru masuk kecuali kamu panitia, penyelengara ataupun owner stan di "Surabaya Computer Expo", hanya dengan Rp.3000 , kita sudah bisa mendapatkan informasi tentang PC, Laptop, Printer, dan berbagai hal yang berhubungan dengan IT,


" GUITAR HERO "

Game keluaran Play Station ini membuat sedikit perbedaan di pameran Gramedia Expo yang diselengarakan mulai tangal 14 - 18 Oktober 2009 ini, begitu masuk ke dalam pameran, perhatian orang langsung tertuju pada permainan ini karena letaknya yang bertepatan di sebelah kiri pintu masuk.




"KOMPUTER MUSIK KONSER"

Konser musik di tengah pameran komputer hal ini sangat jarang di laksakan, mungkin ini pula salah satu point plus yang dapat kita dapatkan saat mengunjungi "Surabaya Computer Expo", Hijau Daun, Naif dan PADI, 3 Band papan atas ini ikut memeriahkan pameran komputer pada saat malam hari secara bergantian mulai tanggal 16 - 18 Oktober.


" Branded "

Dalam kesempatan seperti "Surabaya Computer Expo" brand-brand ternama tak henti hentinya memberikan penawaran khusus guna meningkatkan angka penjualan setiap harinya, brand tersebut antara lain :
1. HP ( Hawlet Pocket )
2. Lenovo
3. Toshiba
4. Acer
5. Asus
Diantara 5 brand di atas stand yang paling banyak peminatnya adalah stand HP, kenapa....???, karena stand HP memiliki ide untuk memberikan Voucher potongan "On the Spot", maksudnya adalah setiap pembelian secara tunai pada laptop tertentu akan langsung mendapat potongan harga sebesar Rp.1.500.000, hal ini dilakukan dengan cara meminta voucher yang diberikan oleh MC yang menjaga stand HP, dengan begitu banyak sekali pengunjung yang memndekati stand HP, seperti kata pepatah "siapa cepat dia dapat", hal ini berlaku untuk voucher potongan harga ini, karena pihak HP hanya menyediakan 10 lembar voucher saja.

Selain brand di atas ada 2 brand "senior" yang meskipun tidak banyak yang mengunjungi namun tetap menarik perhatian saya yaitu :
1. IBM , Brand ini bisa dibilang adalah cikal bakal adanya komputer, manum pada pameran ini IBM nampaknya menitik beratkan pada penjualan Hard disk / Server saja dan tidak menjual laptop.

2. Apple , Brand ini untuk kemampuannya sudah tidak perlu di pertanyakan lagi, brand keluaran Amerika ini hanya mendisplay 1 produk saja yaitu MacBook MC240ZP/A dengan bandrol $1.099 atau sekitar Rp.10.330.000, ini merupakan produk MacBook yang bisa dibilang dengan harga terendah. Sepertihalnya stand lain PCMAX juga menjual berbagai kebutuhan Accecoris laptop guna meningkatkan penjualan.







Bagaimana nasib para pemain lokal, sepertinya untuk pameran kali ini tidak banyak yang ikut bermain di dalamnya, sepengetahuan saya hanya ada stand BYON, AXIOO dan ELOVO, untuk stand yang lain hanya merupakan stand gabungan para pedagang yang tidak berkonsentrasi pada 1 brand saja, melainkan menjual berbagai macam brand baik Branded maupun Lokal.

Seperti halnya pameran-pameran komputer yang lain , ajang ini tidak hanya di ikuti para Brand yang menjual Laptop atau PC saja, ada juga yang menyediakan fasilitas Game OnLine, Menjual Tas/BackPack EIGER, dan Buku -buku seputar informasi IT.

Tak ketinggalan 2 stand yang selalu ada bila terdapat Pameran komputer, EPSON dan CANON, untuk EPSON yang menjual Printer dan Accecoris nya menawarkan harga khusus di bawah harga pasaran diluar, serta mendapatkan gratis kertas foto. Untuk CANON, seperti tahun-tahun sebelumnya selalu mengadakan LOMBA FOTO "suasana pameran" yang mana pemenangnya akan mendapatkan sejumlah uang sebagai hadiahnya.






Secara garis besar "Surabaya Computer Expo" ini menurut saya berjalan dengan sangat baik, karena dengan seringnya diadakan "pameran" seperti ini maka warga surabaya dapat dikatakan tidak akan ketinggalan untuk meng-update perangkat IT terbaru.

Nama : Khoirul Anam
NPM : 06.2009.1.04896

2 komentar: