Senin, 12 Oktober 2009

"HARDWARE"

Hardware.....???? dari istilah ini secara gamblang dapat kita artikan sebagai "Perangkat Keras", Perangkat Keras itu sendiri di dalam lingkup perkomputeran terdiri dari berbagi macam jenis bagian atau barang antara lain :

1.Monitor
2.Keybord
3.Mouse
4.Micropone
5.Scaner
6.Hard disk
7.Printer
8.Speaker
9.CCTV
10.Motherboard
11.Sound card
12.VGA card
13.CD-Room
14.CPU
15.Prosesor
16.Memori
17.Disk Drive, dan masih banyak yang lainnya

Dari berbagai perangkat keras yang saya sebutkan di atas tadi, tentu sudah banyak yang mengetahui bagai mana bentuk fisik dan fungsi dari perangkat keras tersebut, namun saya akan menjelaskan sedikit tetang beberapa perangkat keras di atas :

HARDDISK

Hardisk sendiri juga memiliki singkatan yaitu HDD. Hardisk disini mempunyai peranan yang cukup penting dalam komputer, karena HDD merupakan media penyimpanan dari Operating System dari komputer seperti Windows maupun Linux.

Fungsi utamanya sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen, Hard disk menyimpan bermacam-macam informasi, salah satunya informasi mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut, lalu OS itu sendiri, Hard disk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC, Semakin cepat hard disk bekerja, semakin cepat pula transfer yang dihasilkan.


CCTV

CCTV merupakan singkatan dari Closed Circuit Television, CCTV saat ini sudah bukan hanya sekedar kebutuhan akan keamanan semata.






Fungsi CCTV system adalah:
1. Keamanan (security)
* Pencegahan
* Penyelidikan
* Bukti

2. Pengawasan (Surveillance)
* Monitoring karyawan
* Peningkatan kualitas kerja SDM agar lebih produktif

3. Nilai Tambah
* Meningkatkan kepercayaan konsumen
* Meningkatkan rasa aman dan nyaman untuk konsumen dalam bertransaksi


MOTHERBOARD

Dalam komponen PC, motherboard juga sering disebut sebagai mainboard. Juga ada beberapa istilah lain untuk menyebutnya, seperti mobo atau singkatan MB. Motherboard adalah papan dimana komponen-komponen computer ditancapkan sehingga dapat saling berhubungan. Selain itu, Motherboard juga merupakan pusat sumberdaya yang mengatur kerja sama semua komponen yang terhubung.

Secara fisik, Motherboard terdiri dari sebuah papan PCB yang diatasnya terpasang beberapa komponen, seperti dudukan untuk processor baik yang berbentuk slot maupun socket, soket memory, slot AGP, slop PCI, slot ISA, chipset, CMOS dan komponen –komponen lainnya.

Setiap Motherboard memiliki karakteristik maupun arsitektur yang berbeda, hal ini tergantung pada produsen, seri produk maupun teknologi yang sedang berkembang saat itu.

Secara garis besar, tidak ada perbedaan antara motherboard yang digunakan untuk Desktop dengan Laptop. Hanya saja karena laptop lebih mengutamakan ke-praktisan, maka bentuknya-pun di sesuaikan. Umtuk soket-soket yang digunakan pun dipasang miring.

Keterangan :

1.Power Connector

Berfungsi sebagai penyalur arus listrik ke dalam motherboard

2.Memory Banks

Bagian ini berfungsi untuk menempat kan Memory Komputer

3.ZIF Socket ( Untuk Prosesor )

Bagian ini berfungsi untuk menempat kan Prosesor

4.Chipset

Chipset merupakan IC ukuran kecil yang pada komputer merupakan layaknya "polisi lalu lintas" pada papan induk (motherboard), mengarahkan aliran data dan menentukan peranti apa yang didukung oleh Personal Komputer (PC).

Sebuah chipset mengarahkan data dari CPU ke kartu grafis (VGA) dan sistem memori (RAM). Chipset juga menentukan kecepatan dari front-side bus, bus memory dan bus grafis, serta kapasitas dan tipe memori yang di dukung motherboard. Selain itu pula, chipset mengarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O serta menentukan standar IDE juga tipe port yang didukung oleh sistem.

5.EIDE

Berfungsi untuk menghubungkan antara Harddisk dengan Motherboard

6.Floppy Connector

Berfungsi untuk menghubungkan antara Floppy dengan Motherboard

7.PCI Slots

Slots untuk menghubungkan antara Motherboard dengan beberapa perangkat lainnya seperti Sound Card, LAN Card, MODEM Internal, USB Card, Wireless Card, Dll

Demikian sebagian ulasan tentang Hardware dan komponen-komponennya, untuk kurang dan lebihnya harap di maklumi ( untuk Komponen Hardware lainnya akan saya ulas di kemudian hari ), semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

KHOIRUL ANAM ( 06.2009.1.04896 )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar